Pengertian Dan Sejarah Singkat Linux - Naon Linux

Terbaru

Full Width CSS

Monday, April 01, 2019

Pengertian Dan Sejarah Singkat Linux


Hello sobat naon bertemu lagi bersama saya admin gans, kali ini saya akan mengshare artikel kepada kalian mengenai Pengertian dan sejarah singkat linux.

Linux telah banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia, bahkan jika kalian belum tahu, smartphone andriod kalian juga kernelnya berbasis linux tetapi apakah kalian tahu apa itu linux ?, bagaimana sejarah linux ?, kenapa namanya linux bukan naonlinux ?, ini merupakan hal sepele tetapi sangat bermanfaat saat kita mengetahui pengertian dan sejarahnya, jikalau nanti ada teman anda atau siapapun yang bertanya bro naonlinux teh ? kalian tinggal jawab deh hehe.

Sebenarnya naon linux teh ?
Menurut admin gans setelah membaca sejarahnya mungkin sebagian dari kalian berpikiran linux merupakan sistem operasi tetapi sebenarnya Linux adalah sebuah kernel sistem operasi yang ditulis oleh pembuatnya yaitu Linus Torvalds yang dibagikan secara free dan dapat dilihat codenya, dimodifikasi, dan dikembangkan oleh siapa saja. Jadi Linux adalah program yang ada didalam sistem operasi atau inti dari sistem operasi. Singkatnya contoh : ubuntu = os, linux = kernel yang dipakai ubuntu.

Sejarah linux


Awal mula linux tidak terlepas dari sistem operasi Unix yang dikenalkan sekitar tahun 1970-an yang dikembangkan dan dirilis oleh AT&T Bell Laboratories.Sistem operasi yang mirip unix (Unix like system operasi) menjadi populer dan dikembangkan oleh banyak pihak.

Pada tahun 1980-an, banyak organisasi seperti IBM, HP dan perusahaan lain mulai membuat Unix mereka sendiri dan itu membuat kekacauan. Pada tahun 1983, Richard Stallman mengembangkan proyek GNU dengan tujuan untuk membuat unix secara bebas dan digunakan oleh semua orang. Tetapi proyeknya gagal mendapatkan popularitas, banyak Unix lain muncul tetapi tidak ada yang bisa mendapatkan popularitas. GNU merupakan kependekan dari “GNU Not Unix” dan GNU bukanlah suatu perusahaan untuk mendapatkan keuntungan melainkan wadah suatu komunitas yang menjunjung tinggi Free dan Opensources software.

Project GNU dimulai pada tahun 1984 dengan pembuatan software, compiler, editor, textformatters,GUI dan masih banyak lagi.

Pada tahun 1990 GNU telah membuat semua komponen untuk membuat suatu sistem operasi tetapi ada satu yang belum selesai yaitu Kernel inti dari sistem operasi itu sendiri.

Linux di kembangkan pada tahun 1991 oleh Linus Torvalds seorang mahasiswa di University of Helsinski, Finlandia. Linux terinspirasi dari MINIX,  yaitu system operasi unix gratis  yang dibuat oleh Andrew S. Tanenbaum pada tahun 1987.

Linus mulai menulis kodenya sendiri yang kemudian menjadi kernel Linux. Linus menulis program ini khusus untuk PCnya sendiri karena dia ingin membeli komputer intel Unix 386 tetapi tidak mampu membelinya.

Pada awalnya linus memulainya hanya untuk bersenang-senang tetapi berakhir dengan proyek besar. Linus menerbitkan kernel linux dibawah lisensi miliknya sendiri dan dibatasi untuk digunakan secara komersial.

Pada 5 Oktober 1991, Linus mengumumkan versi linux “resmi” pertama, versi 0.02. Linus dapat menjalankan bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (Kompiler GNU C), tetapi tidak banyak yang berfungsi, ini dimaksudkan sebagai sistem peretas.

Untuk nama linux sendiri pada awalnya linus menamainya dengan nama Freax yang merupakan gabungan dari free freak dan X yang mengacu pada Unix. Namun pada akhirnya diganti dengan nama Linux.

Maskot linux


Pada tahun 1996 Linus Torvalds mengumumkan maskot linux secara resmi yaitu Pinguin dengan nama Tux. Ternyata dibalik pemilihan maskot ini ada ceritanya Linus menjelaskan dia memilih pinguin karena dia pernah mengalami kenangan yang buruk dengan hewan tersebut yaitu pernah digigit oleh seekor pinguin kecil saat berkunjung ke kebun binatang di australia.

Untuk nama dan desain maskot sendiri linux mengadakan kontes mendesain logo linux dan di menangkan oleh larry Ewing dengan gambar pinguin sedang duduk bernama Tux.

Sekian sharing tentang pengertian dan sejarah linux, saya berharap sobat naon dengan membaca artikel ini punya ilmu baru yang bermanfaat dan bisa dibagikan lagi kepada orang lain. Jangan lupa untuk kritik dan sarannya di kolom komentar.

No comments:

Post a Comment